Bagi orang2 yang kuliah komputer, terutama jurusan sistem informasi, pasti kenal yang namanya ERD atau Entity Relational Diagram. Diagram yang satu ini berteman akrab dengan System Flow dan Document Flow Diagram (DFD). Bagi yang tidak mengerti, tenanglah. Saya tidak bermaksud mengadakan kuliah sekarang ini :)

Di windows biasanya kita mengandalkan program yang namanya Power Designer untuk menggambar semua diagram2 aneh itu. So pasti karena mahasiswa, maka semua program yang kita gunakan punya label khusus 'bajakan'

Bagi mereka yang berkecemplung di dunia linux, mencari padanan Power Designer tidaklah mudah. Saya belum mendapatkan program untuk menggambar DFD. Alasannya? Karena tidak dicari. Habis tidak butuh sih :p

Sedangkan untuk ERD, di Linux ada sejumlah aplikasi. Pilihan saya jatuh pada OpenSystemArchitect. Program satu ini cukup lengkap. Menggunakan koneksi berbasis unixodbc, lengkap dengan reverse engineering (apapula ini) untuk membuat ERD dari database yang sudah ada, generate file sql sesuai tipe database pilihan. Cukup lengkap sampai bisa membuatku merekomendasikannya bagi anda para pembaca :)

Kelemahannya hanyalah cara installasi yang tidak klik-next-finish, serta mesti sedikit mempelajari cara setting odbc di linux (yang pada awalnya juga membuat saya terbingung-bingung). Namun saya yakin bagi para pembelajar sejati yang menempuh jalan penguin, sedikit kesulitan di awal ini tidak akan membuat anda mundur, karena hadiah besar menanti anda ketika anda bisa melalui kesulitan itu.

Baiklah, selamat mencoba. Semoga anda bisa menggunakannya dengan baik sebagaimana saya telah melakukannya.

Salam
Hendra

1 Comment:

  1. febrian reza said...
    bro, installnya gimana ya, gue pake slackware, odbc udah diinstall, makenya bingung, maklum newbie

Post a Comment