Global Hotkey di Ubuntu

Kangen sama tombol Super+E untuk memanggil file manager?
Atau sama tombol Ctrl+Alt+PgDown untuk mengganti lagu di winamp?

Kemampuan semacam ini disebut global hotkey. Dengan menggunakan global hotkey ini, kita dapat mengontrol program lain tanpa harus mengakses program itu. Misalnya kita dapat mengganti lagu di Winamp selagi mengetik di Word tanpa harus berpindah ke winamp.

Secara default di Ubuntu memang ga ada fasilitas itu. Tapi bukan berarti Ubuntu tidak bisa melakukan itu. Kita bisa mendapatkan fasilitas yang sama dengan sedikit bantuan dari program bernama Ubuntu Tweak.

Download Ubuntu Tweak di sini.

Download aja versi Deb-nya. Memang aslinya sih untuk Jaunty, tapi sudah saya coba di Hardy tetep jalan baik2 aja kok. Jadi cuex aja.

Setelah dapet, install (bagi yang ga tau, double click aja tuh file). Selesai install, di Main Menu bagian System Tools akan ada menu baru bernama... Ubuntu Tweak tentu saja

Sekarang jalankan Ubuntu Tweak, dan petualangan kita di mulai disini

Ada banyak menu di bagian kiri window Ubuntu Tweak, silahkan bongkar sendiri sesukanya (tanpa garansi, resiko ditanggung penumpang). Jika sudah puas melihat-lihat, sekarang mari kita setting global hotkey-nya.

Klik menu Personal, lalu pilih Shortcut.
Sekarang di bagian kanan akan tampil tabel yang di kolom paling kiri (ID) tertulis Command1, Command2 dst. Jika anda melihat tabel yang saya maksud, anda berada di tempat yang tepat. Dan sekarang mari kita mulai menciptakan global hotkey

Super+e untuk memanggil file manager
diasumsikan di baris Command1
klik di kolom Command, ketikkan nautilus
klik di kolom Key, akan muncul window dengan tulisan "Please press the new key combination", sekarang tekan Super+e

Sekarang coba tekan Super+e, maka nautilus (file manager default Ubuntu) akan muncul

Dengan mengikuti cara diatas kita dapat menyetting perintah sebagai global hotkey, dengan catatan semua perintah yang di setting harus bisa dijalankan lewat terminal

berikut beberapa perintah yang saya gunakan di global hotkey
Super+t = gnome-terminal (maklum, terkadang merasa butuh)
Super+spasi = gnome-do

Sekedar saran, kombinasi Ctrl+spasi sebaiknya dihindari karena banyak dipake di editor pemrograman untuk fitur auto-complete.

OK, sekian dulu. Selamat mencoba

1 Comment:

  1. Mapadegama Online said...
    lam kenal, sy anton.
    infonya baguss... gini mas, sy punya masalah dengan ubuntu sy. semua file aplikasi yang ada di main menu tersembunyi. gmn caranya buka firefox lewat terminal?
    sebelumx pernah dicoba dg mengetik "firefox", dan berhasil. tapi skrg tidak bisa. muncul pesan gini : Could not find compatible GRE between version 1.9.0.1 and 1.9.0.*.
    maksudnya apa?

Post a Comment