Ruby, Pembuka

Saya sudah banyak sekali mencicipi yang namanya bahasa programming. Ada Pascal, Foxpro Delphi, VB, VB.NET, PHP, Gambas, Python, Java, Ruby dan lainnya yang saya tidak ingat lagi. Berbagai bahasa program itu saya gunakan untuk keperluan yang berbeda pula. Ada yang sekedar untuk belajar, kuliah, sampai membuat aplikasi serius seperti Point of Sales dan Company Profile. Beberapa diantaranya sudah harus masuk museum, banyak lagi yang terabaikan karena kurang saya sukai sedangkan sedikit dari mereka benar2 masuk kategori bagus menurut saya. Dan diantara semuanya, Ruby benar2 berbeda.

Ruby adalah sebuah bahasa scripting. Mirip seperti PHP, hanya saja Ruby lebih general purpose. Mirip seperti Python, hanya saja Python lebih menyebalkan. Ruby mendukung Pemrograman Berorientasi Obyek dengan sangat baik, dengan syntax yang sangat bersih hingga sulit dipercaya, gaya programming yang fleksibel namun tertata baik, disertai modul2 dasar dengan fungsi2 yang bisa membuat programmer bahasa lain iri. Ruby praktis bisa digunakan untuk apa saja, membuat program CLI (Command line interface), Program Web, maupun Program Desktop. Dengan bantuan modul2 tambahan tentunya.

Untuk CLI, Ruby bisa langsung digunakan. Untuk web, belakangan ini di dunia gempar dengan kehadiran RubyOnRails, sebuah framework yang dapat membuat aplikasi web dalam waktu singkat. Konon janjinya apa yang bisa dikerjakan dengan Java Strut dalam waktu bulanan, dapat dikerjakan di Rails dalam hitungan minggu. Saya sendiri tidak mempelajari Ruby untuk web karena secara de facto PHP adalah penguasa daerah ini (baca : mencari hosting Ruby sulit sekali).

Sedangkan untuk Desktop, Ruby dapat memanfaatkan beberapa GUI Library ternama seperti GTK, QT, dan WxWidget. Hanya saja tidak mudah bagi programmer karena tidak tersedia Visual Editor seperti layaknya VB.NET atau Delphi. Namun saya sendiri menemukan cara untuk membuat program desktop dengan cara yang mudah dan cepat menggunakan Ruby dan WxWidget.

Saat ini saya sendiri sedang membuat program dengan menggunakan Ruby, WxWidget untuk GUI, dan Postgresql untuk database. Saya berharap saya akan punya waktu untuk memposting artikel2 mengenai bahasan ini, sekaligus berjaga2 siapa tahu kalau saya membutuhkannya lagi saya bisa membuka blog ini dan melihatnya :)

2 Comments:

  1. mumtazah said...
    Ya, Tuan, diharapkan tuan punya waktu untuk berkongsi disini.
    Moga ALLAH permudahkan urusan Tuan
    d.wijonarko said...
    huhui.. ane udah lupa pake ruby semenjak selesai ngerjain skripsi hahaha..

    btw, semangat gan!

Post a Comment