Hari ini akuntan kantor saya kembali dari seminar dengan membawa oleh2. Sebuah cd berisi dokumen2 pajak. Rekan saya ini meminta saya untuk mengeprintkan semua file ada di dalam cd tersebut. Saya membuka cd itu dan mulai melihat-lihat.

Ternyata saya dapat kejutan besar disana. Pertama, ada virus. Ga tanggung, sality. Untung saya buka cd itu di Linux. Aman. Kejutan kedua, ternyata isinya buanyaaakkk!!! Sampai 190-an file.

Mendengar saya menyebut jumlah file-nya, rekan saya membatalkan niatnya mengeprint semua file. Sebagai gantinya, ia meminta saya mengeprint nama file2 agar dia bisa memilih file mana yang akan diprint.

Sekali lagi, untuk saya buka cd itu di Linux. Berbekal sedikit ilmu CLI, saya mengetikkan perintah berikut

$ ls > files.txt


dengan demikian saya punya file text berisi seluruh nama file itu. Kini tinggal mengeprint. Saya bisa saja langsung mengeprint file itu, namun demi menghemat kertas, saya membuka OpenOffice Writer, mengcopy seluruh isi files.txt, kemudian menyeting halamannya menjadi dua kolom. Hasilnya, dua lembar penuh berisi nama2 file yang akan diseleksi.

Untung ada Linux. Kalau di Windows, mungkin saya sedang berjibaku melawan virus saat ini. Dan lagian, saya tidak tahu bagaimana caranya mendapatkan seluruh nama file tersebut di Windows

Fuihhh, untung ada Linux

2 Comments:

  1. Lampoh Vitual said...
    Iya untung ya hehe saya aja baru tau nih :D thanks infonya
    eko said...
    di windows bisa pake dir > files.txt

Post a Comment