Setelah sekian lama menghilang dari peredaran, kemarin akhirnya saya memutuskan untuk membuka lagi messenger saya, melihat kalau2 ada pesan tak terbaca. Saya membuka Pidgin. Biasanya Pidgin bisa konek dengan mudah ke account Yahoo Messenger (YM) saya. Namun entah kenapa kali ini tidak begitu. Pidgin terus-menerus loading tanpa kejelasan kapan ia akan selesai.

Sambil menunggu, tiba2 saya teringat sesuatu. Email di milist linux yang saya ikuti belakangan ini begitu ramai dengan posting mengenai Pidgin yang tidak bisa konek. Saya memang tidak pernah membacanya karena saya belakangan ini tidak pernah menggunakan Pidgin.

Saya membuka email saya, saya klik salah satu email yang judulnya berbau "Pidgin tidak konek". Dan, Viola!!! Ternyata saya mengalami masalah yang sama dengan orang2 itu.

Setelah dicari2, ternyata pemecahannya mudah saja. Tampaknya server YM pindah alamat, sedangkan settingan defaultnya Pidgin masih menuju alamat yang lama.

Akhirnya saya buka Pidgin, klik menu Account -> Manage, saya tunjuk account saya dan klik Modify

Lalu klik tab Advance, dan pada textbox Pager Server, ganti isinya dengan cn.scs.msg.yahoo.com



Setelah itu Save, dan kini Pidgin saya bisa konek lagi ke YM

Yahoo!!! Kalau pindah rumah bilang2 dong. Bikin susah orang aja :p

0 Comments:

Post a Comment